Rahasia Sunnah

@BAHAYA BEGADANG

Sebagian orang terbiasa dengan begadang, bahkan dijadikan hobi karena memang ngobrol di waktu malam memiliki beberapa kelebihan dari pada disiang hari, selain karena di siang hari adalah waktu beraktifitas, siang hari dirasa kurang enak untuk dijadikan ngobrol lama lama karena cuaca terik membuat hal itu menghalangi dari bersenda gurau dalam durasi yang agak lama. Dan semua itu tidak berlaku di malam hari.
Tapi tahukah bahwa Nabi Shalallahu alaihi wassalam tiak suka ngobrol setelah sholat 'Isya dan lebih mengutamakan untuk langsung tidur?

"Rosulullah shalallahu alaihi wassalam membenci tidur sebelum shalat 'Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya" (HR. Bukhori No. 568)

Dan yang lebih mencengangkan lagi, ternyata begadang berdampak buruk pada kesehatan seseorang, menurut para ahli kesehatan, paling tidak resiko begadang adalah sebagai berikut :

Pertama : Merusak otak.
Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Maiken Nedergaard, MD, D.M.Sc. dari pusat medis University of Rochester Medical Center, saat tertidur pulas pada malam hari, organ otak akan bekerja maksimal untuk membuang racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf yang menumpuk di organ otak selama beraktivitas seharian.
Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Dan jika seseorang begadang , maka racun-racun itu tidak bisa dikeluarkan dan hal itu akan menyebabkan seseorang mengidap penyakit otak yang disebut Alzheimer.

Penyakit alzhaimer adalah adalah suatu kondisi dimana sel-sel syaraf di-otak mati, sehimgga sinyal-sinyal otak sulit ditransmisikan dengan baik. Seseorang dengan penyakit alzheimer punya masalah denga ingatan, penilaian, dan berpikir, yang membuat sulit bagi penderita alzheimer untuk bkerja atau mengambil bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua : Gairah seks menurun.
Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology dan Metabolism 2002 menunjukkan akan hal itu.

Ketiga : Menyebabkan Depresi.
Dalam studi tahun 1997, peneliti dari universitas Pennsylivania melaporkan orang-orang yang tidur kurang dari lima jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi.

Keempat : Memengaruhi Kesehatan kulit.
Kebanyakan orang yang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa hari kurang tidur. Keadaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam dibawah mata. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan.

Kelima : Tubuh jadi melar.
Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan, dan kemungkinan bisa menjadi obesitas.

Keenam : Meningkatkan Resiko Kematian.
Dalam penelitian Whitehall ke-2 peneliti inggris menemukan bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2007, mereka yang tidur kurang dari 5 jam sehari mengalami kenaikan resiko kematian akibat berbagai faktor. Bahkan kurang tidur meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyali kardiovaskuler.

Apa yang disampaikan dan di sabdakan Nabi Shalallahu alaihi wassalam selalu benar dan sinkron dengan peradapan sepanjang zaman***

Bahaya Begadang

@MENCABUT BULU KETIAK

Secara fitroh manusia diberikan beberapa bulu yang tumbuh, baik yang tampak maupun tersembunyi. Diantara sekian bulu tersebut diantaranya adalah bulu ketiak. Tapi keberadaan bulu dibawah lengan tersebut, justru dianjurkan untuk dicabuti (dihilangkan) Sebagaimana yang telah disabdakan Rosul SAW dibeberapa haditsnya, dan salah satunya adalah dari Abu Hurrairah ra, Rosul bersabda :

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

"Ada lima macam fitroh, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak" (HR. Bukhori No. 5891 dan Muslim No. 258)

Singkat, jelas dan gampang dipahami, dimana Rosul SAW memerintahkan umatnya untuk mengikuti anjuran agar kaum muslimin senantiasa mencabut bulu-bulu yang muncul di-permukaan ketiak.
Memang kelihatannya anjuran yang tidak begitu penting, sifat sunnah, sepele, ringan, bahkan sebagian orang mungkin ada yang tidak melaksanakan. Namun, ketika kandungan hadits ini dijabarkan pada sisi ilmu kesehatan, maka ternyata terdapat kandungan yang luar biasa jika di-ikutinya.

Secara ilmiah, dibalik lipatan kulit ketiak merupakan areal lembab yang sangat rentan menjadi tempat tumbuh berkembangnya bakteri dan parasit. Padahal mikro-organis tersebut membuat "masalah" baik rentan terhadap infeksi, ataupun memunculkan bau keringat yang tidak sedap yang sebagian besar berasal dari bulu bulu ketiak tersebut, meskipun sudah berusaha dijaga kebersihannya secaa umum.

Akibat bau itu menyebabkan orang yang dekat atau mendekat merasa terganggu walau tidak ngomong secara langsung sebab etika ketersinggungan, apalagi jika sedang melaksanakan sholat berjamaah. Jika bau bawang saja meng-ganggu orang sholat (dilarang masuk masjid) Bagaimana dengan bau keringat yang tidak sedap?
Oleh sebab itulah Rosulullah SAW selalu memberikan anjuran disegala aspek kehidupan kita, termasuk anjuran untuk mencabut bulu ketiak. Meneladani beliau lewat tuntunannya berarti telah mengambil tuntunan yang paling baik dan benar. Tidak hanya sampai disitu saja, apa yang di-anjurkan dan diperintahkan beliau Rosulullah SAW ternyata kebenarannya mampu dibuktikan secara ilmiah..... 

Mari Kita Hidup Nyunah***






@CUKA' SEBAIK BAIK LAUK


Nabi SAW bersabda : “Sebaik baik lauk pauk adalah cuka dengan tidak keraguan” (HR. Muslim)

 Hadits lain menyebutkan bahwa salah seorang sahabat ketika ditanya Rosul SAW, “Apakah kamu mempunyai sesuatu makanan, sahabat menjawab, “Tidak, kecuali hanya sepotong roti kering dan cuka, maka Nabi pun bersabda : “Bawalah kemari, tidaklah rumah itu sunyi dari lauk, bila di-dalamnya terdapat cuka” (HR. Ahmad)
 
Beberapa ulama hadits masih berbeda pendapat. Sebagian diantara mereka yang menyebutkan bahwa cuka sebagai campuran roti dan lauk adalah makanan pelengkap yang menambah selera makan. Tapi sebagian lagi menyebutkan untuk bumbu menu masakan.
 
Terlepas dari khilafiyah, yang jelas cuka yang tercampur alkohol sudah disebutkan sebagai lauk yang baik. Statement Nabi SAW ini menyebutkan bahwa cuka adalah lauk pauk bahkan lauk pauk terbaik, merupakan inovasi ilmiah yng mencengangkan, karena tidak seorang pun pada masa pewahyuan dan beberapa abad setelahnya mengetahui manfaat cuka.

Pembuktian Dari Perpektif Sains dan Kedokteran

Cuka merupakan hasil proses larutan ringan asam asetat yang berkisar antara 4 – 5%. Asam ini merupakan asam lemak ringan yang terdiri dari minyak dan lemak yang merupakan komposisi pokok makanan lantaran kadar kalori tinggi dikandungnya, meskipun meng-konsumsi lemak secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan.
Terlepas dari semua itu, penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa kandungan cuka sangat mampu :

-  *Sebagai anti biotik yang baik untuk mencegah kerapuhan gigi,  memberihkan alat-alat pencernaan.

-*Melawan berbagai bakteri dan parasit yang ada dalam perut. - 

*Mengaktifkan proses pencernaan dan metobolisme tubuh, membatu mengatasi obesitas.

 -*Mengobati penyakit asma, sakit persendian, alergi. Juga pada kasus-kasus diare berat karena cuka mengandung sejumlah zat pengerut.

 -*Meminimalisir efek sengatan lebah, dan sengatan-sengatan lain seperti serangga dan hewan-hewan laut.

-*Berperan membwa vitamin yang larut di dalamnya ke seluruh bagian tubuh manusia.

 Dari perpekstif kimia, asam cuka merupakan asam lemak ringan yang terdiri dari minyak dan lemak yang merupakan komposisi pokok makanan lantaran kadar kalori tinggi yang dikandungnya, meskipun mengkonsumsi lemak secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan.

 Dari sini konsentrasi asam asetat dalam cuka yang cuma berkisar 4 - 5% mengindikasikan bahwa cuka layak untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan manusia, karena memenuhi kadar minimal minyak nabati yang dibutuhkan tubuh, tanpa menyeretnya pada risiko bahaya tinggi konsentrasi minyak hewani yang jika menggumpal (di dalam tubuh) akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Konsumsi lemak dengan cukup merupakan kebutuhan pokok dalam makanan yang dikonsumsi manusia kerena memang dibutuhkan tubuh manusia.

Hal itu dikarenakan minyak ini mengandung kadar kalori tinggai dan mampu memproduksi sel-sel. Disamping secara umum memang dibutuhkan tubuh, minyak ini juga dapat menciptakan rasa enak pada makanan

@1001 MANFAAT BUAH TIN


Dari Abu Darda ra meriwayatkan bahwa nabi bersabda :"Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah Tin. Sebab buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok" (Ibnu Qoyyim menuturkan dalam kitabnya Zaadul Ma'aad)

Buah Tin tidak hanya dalam hadist, dalam Al-Qur'an pun nama buah tin diabadikan pada sebuah surat, yaitu At-Tin. Buah ini merupakan salah satu buah yang menjadi kesukaan Rosulullah SAW. Ibnu Qoyyim dalam kitabnya Zaadul Ma'aad menyebutkan bahwa pada suatu hari, Rosulullah mendapatkan hadiah buah tin, kemudian beliau mengajak sahabat-sahabat untuk makan. Nabi pun juga ikut makan seraya berkata : "Kalau aku berkata tentang buah yang diturunkan dari syurga, niscaya aku katakan inilah karena buah-buahan syurga tidak berbiji. Oleh karena itu makanlah buah ini. Sesungguhnya buah ini menghentikan penyakit wasir dan menyehatkan badan, serta untuk menghilangkan racun berbahaya didalam tubuh manusia"

Kaya Manfaat

Secara ilmiah buah tin dalam bahasa latin disebut Ficus Carica yang banyak tumbuh didaratan asia barat dan Mediterania. Hasil penelitian yang dilakukan  Profesor J.A Vinson, The University of scranton USA menyebutkan bahwa buah Tin bebas dari kandungan garam, lemak dan kolesterol, namun memiliki kandungan kalium, serat, zat besi, kalsium, fosfor yang membangun pertumbuhan badan dan pembangkit tekanan darah yang lebih tinggi. Dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% dari pada keperluan zat serat seharian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Hal ini mampu mengobati wasir, encok (meresapnya asam garam urat dalam persendian)

"Encok disebabkan oleh berlebihan makan daging merah yang menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah Tin memiliki kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang biasanya bkerja dalam satu sisi saja maka ia bkerja dalam dua sisi sehingga seimbang. Oleh karena itu obat-obatan dari luar melemahkan enzim, tetapi buan Tin bisa menormalkan kinerja enzim." papar Vinson.

Manfaat manfaat lain terhadap kesehatan tubuh yang diteliti guru besar ini antara lain :

*Kandungan serat, kalium dan magnesium dapat mengurangi seranganangin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi maka mampu mnegurangi berat badan. Serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dengan mengikatnya didalam saluran pencernaan, manakala serat tdak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (kolon)

*Buah Tin juga kaya akan vitamin A dan B serta kadar tertentu dari vitamin C sehingga mampu menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kapasitas antioksidan plasma dalam darah.
Gabungan zat yang terdapat dalam buah Tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang belum disebutkan namun sudah dibuktikan oleh beberapa karya ilmiah. Dengan demikian apa yang pernah di-anjurkan Rosulullah 14 abat yang lampau tidak disangsikan lagi kebenarannya. Artinya semua anjuran, perintah beliau pasti didalamnya memiliki hikmah dan manfaat yang besar***


@BERKUDA

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :"Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memenah maka hal itu lebih baik dari pada berkua" (HR. Ahmad)
Hadist lain juga menyebutkan, sabta Rosulullah SAW :"Lemparkanlan (panah) dan tunggangilah kuda. (HR. Muslim)

Meskipun pada masa nabi belum ada angkutan yang secepat dan secanggih sekarang ini, sementara pada saat itu satu-satunya kendaraan perang yang diandalkan adalah berkuda, bukan berarti tidak semata-mata Nabi memerintahkan umatnya belajar menunggang kuda hanya untuk peperangan, tapi juga untuk menjaga kondisi.
Para ulama tafsir hadits menyebutkan perkataan "Berlatihlah Memanah dan Berkuda" ini untuk mempertahankan fisik dan ketangguhan kaum muslimin khususnya pasukan perang agar tetap tegap, kuat, sehat dan lincah dalam bergerak.

Olah Raga Berkuda dalam Perpektif Ilmiah

Berkuda sangat baik untuk menjaga kebugaran, kesehatan, kondisi tubuh tetap fit dan kuat serta untuk program diet. Tak percaya...?

Berikut ulasan pakar kesehatan Rahmat Natsir, "Buktikan saja anda rajin berkuda, dijamin akan mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus ramping" kenapa demikian...?

Sebab olah raga berkuda bisa membuat seluruh otot tubuh bergerak dan membakar kalori lebih banyak. Ketikan duduk diats kuda, secara otomatis seluruh otot tubuh akan bekerja untuk bisa mengendalikan laju kuda. Otot tangan yang memegang kendali kuda akan terus bergerak seiring dengan irama kuda, sehungga pergerakan ini akan mulai membakar kalori di-lengan dengan baik. Demikian juga dengan otot-otot di kaki.
Penggunaan sepatu boots khusus untuk berkuda terbilang cukup kaku dan berat bagi pemula, dan ketika mengendalikan kua pun kekuatan pijakan kaki harus bertumpu pada telapak kaki, dan bergerak sesuai irama derap kaki kuda.
Latihan ini akan melatih otot kaki supaya lebih kuat sekaligus membakar lemak di kaki."Lemak sebagian besar terdapat dibagian perut perempuan tapi tak jarang laki-laki juga sama. Ketika berkuda, otot perut juga bergerak sehingga bisa membakar lemak tubuh, namun meski bisa memnurunkan berat badan, dengan berkuda anda juga bisa mendapatkan tekstur dari tubuh yang kuat, padat dan tidak meng-glambir dibagian tertentu.Berkuda mampu memperbaiki postur tubuh. Masyarakat sekarang, terutama anak-anak cenderung memiliki postur tubuh yang agak bungkuk, ini bisa diperbaiki melalu berkuda. Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah postur tubuhh yang harus tegap. Ketika berkuda punggung harus selalu tegap dan dada membusung. Posisi tubuh yang tegap ketika berkuda dengan ruitin  ini bisa membuat postur tubuh menjadi lebih tegap sehingga tubuh terlihat lebih tinggi. Kegiatan berkuda ini juga bisa memperbaiki  struktur tulang punggung menjadi lebih tegap dan tegak.***

Berkuda dan Memanah anjuran Nabi

@MANDI FAJAR

Rosulullah SAW bersabda : "Berbagi-pagilah mencari rezeki, karena berpagi-pagi itu membawa berkah dan menghasilkan kemenangan. Jangan sampai ayam jantan lebih ceras darimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit" (HR. Bukhori dan Muslim
)Sebagian ulama tafsir hadits berpendapat, bahwa lafadz "berpagi-pagi mencari rezeki" adalah anjuran membersihkan diri dari kotoran yang melekat di badan bagi orang-orang yang akan beraktifitas (beribadah dan mencari nafkah) agar menjadi segar dan bersemangat (Kitab 'Aunul Ma'but). Arti kalimat membersihkan diri dalam lafadz ini adalah mandi tanpa ada perselisihan ulama.Mandi fajar merupakan rahasia sunnah Nabi SAW yang memiliki sejuta manfaat. Di-mana Rosulullah mengajak umatnya bangun sebelum subuh dan kemudian mandi sebelum melaksanakan shalat sunnah dan subuh berjamaah

Prespektif Medis

Semua anjuran Nabi SAW pasti bermanfaat, salah satunya mandi fajar. Selain mendapatkan pahala, dari sisi kesehatan sudah banyak dibuktikan. Kesegaran air dan udara subuh (sebelum terkena sinar matahari atau udara kotor) sangat baik untuk kesehatan paru-paru serta otak yang mendapatkan pasokan oksigen (terkandung didalam air) yang masih bebas dari polusi.Para ahli telah memastikan, sebelum berkurang sedikit demi sedikit sampai siang (disaat terik matahari). Gas O2 udara diwaktu fajar yang sangat melimpah ini memiliki partikel Alpha yang sangat besar dengan energi yang sangat berpengaruh terhadap tubuh.
Ketika air sejuk menerpa seluruh permukaan kulit, maka di situlah partikel-partikel Alpha menyapu bersih seluruh laktat yang mengendap selama semalam. Dengan terbukanya pori-pori tubuh, maka oksigen segar yang masih murni dan belum terkontiminasi sinar ultra violet, polutan, serta udara non sejuk (setelah matahari terbit) akan masuk melalui pori-pori kemudian menyebar lewat peredaran darah.
Dari proses inilah organ-organ penting dalam tubuh akan terpasok gas O2 yang bagus. Dampaknya akan terjadi beberapa reaksi, di-antaranya :*Peredaran darah menjadi lancar, sel darah putih meningkat sehingga mampu menurunkan resiko darah tinggi.*Mampu meningkatkan kesuburan, memperbaiki kesehatan jaringan tubuh, dan meredakan depresi.
*Mampu menjaga rambut lebih sehat, jaringan pori-pori kulit awet lembab dan awet kenyal.*Memiliki pengaruh relaksasi pada tubuh akan menjadi lebih lileks dan pikiran pun menjadi tenang.*Memiliki pengaruh positif pada urat saraf, yaitu mampu mengaktifkan kerja otak dan tulang.
Ketika kita menghirup udara fajar yang dinamakan udara subuh, kita merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya dibandingkan waktu manapun, baik siang atau malam***=Prof. Dr. Stanislav shovkovskiy, ilmuwan asal Ukraina saat memberi kuliah umum di Universitas Oxlord menyampaikan :"tersebarnya air dingin di-permukaan kulit akan membuka pori-pori. Disitu oksigen murni akan masuk dan menyebar. Budaya mandi fajar telah dianjurkan masyarakat dunia secara luas agar mampu memberikan kwalitas hidup pada hari itu selalu baik, terutama dari segi kesegaran dan kebugarannya=